Grafika Berqurban

Sabtu, 07 Oktober 2017 | 14:32:51

 

Grafika Berqurban 2017

 

Senin, 4 September 2017 lalu, SMK Grafika Desa Putera mengadakan acara Grafika Berqurban.  Acara ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di sekolah kami. Dana untuk Grafika Berqurban ini dihasilkan dari uang yang disisihkan oleh siswa/siswi SMK Grafika Desa Putera setiap hari mulai dari tahun 2016 lalu. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membiasakan siswa siswi peduli terhadap sesama dan belajar berkurban sejak usia remaja.

Dalam acara Grafika Berqurban ini, sekolah kami menyembelih empat ekor domba. Acara dimulai sekitar pukul  8 pagi, tetapi kami diwajibkan masuk dengan seragam sekolah pada pukul 6.30 pagi, karena ada pengarahan terlebih dahulu. Selain itu,  diadakan lomba antar kelas yaitu lomba membuat sate terenak dan menghias sate tersebut di atas piring (plating) dengan hasil terbagus dan terapih.

Waktu penyembelihan pun tiba, satu demi satu domba disembelih, lalu dipotong sesuai dengan bagian-bagiannya. Setelah itu, dilakukanlah pengecekan kelayakan konsumsi daging tersebut oleh Dinas Kesehatan dari Kecamatan Jagakarsa dengan cara mengecek hati dari domba tersebut. Setelah pihak dari Dinas Kesehatan menyatakan daging tersebut layak konsumsi, daging tersebut segera dibagikan ke masing-masing kelas dan juga kepada karyawan-karyawan di Desa Putera yang sudah diberikan kupon sehari sebelumnya.

Setelah masing-masing kelas mendapat bagiannya, mereka langsung bersiap mengolah daging tersebut. Setiap kelas mempersiapkannya dengan baik. Bagi mereka yang tidak dapat memakan daging domba yang dibagikan tadi, ada yang membawa daging sapi, ayam, sosis, jagung sendiri dari rumah. Selain itu, ada yang membawa ketupat dan bumbu-bumbu yang diperlukan untuk membuat sate sebagai pelengkap, tak lupa alat-alat yang digunakan untuk membakarnya. Selain itu, dari pihak sekolah telah menyiapkan beberapa panitia yang bertugas untuk membantu para guru memasak gulai (asal kalian tahu aja, gulainya kurang asin lohh hehehe.red).

Selagi yang lain bertugas memasak sate dan menyiapkan makanan, ada beberapa siswa yang berkumpul dan mengobrol bersama, ada juga yang bermain game bersama. Kebersamaan ini sangat kami rasakan dalam kegiatan kali ini.

Waktu penilaian makanan pun tiba, masing-masing perwakilan kelas sudah berusaha menyiapkan dengan sangat baik dari tampilannya (tapi gak tau deh gimana rasanya hehe). Lomba tersebut diselenggarakan di depan ruang KKPI, ada 2 guru yang bertugas sebagai juri dalam lomba kali ini yaitu, guru kalkulasi dan guru agama kita nih, Bu Hotma dan Pak Yohanes. Setelah Bu Hotma dan Pak Yohanes selesai menilai dari tampilannya, makanan yang dilombakan dibawa ke ruang guru untuk dipamerkan.

Sekitar pukul 12 siang, daging domba yang sudah diolah menjadi sate oleh setiap kelas telah matang semua. Disinilah puncak dari acara Grafika Berqurban ini, selain untuk berqurban, acara ini juga untuk meningkatkan kerjasama antar tim dan mengikat tali persaudaraan antar warga SMK Grafika Desa Putera dengan cara masak dan makan bersama-sama.

Sekian liputan kegiatan seputar Grafika Bekurban kali ini, terima kasih.

 

 

Cheers ^^

Team Inkdepe

 

 

 

written by: @gitaaul_ , @ratih.juwitara, @laurnciadhita, @fransisca_ratna, @fransisca.mega