28 Oktober 2017

Selasa, 31 Oktober 2017 | 00:10:53

 

Dua Puluh Delapan Oktober Dua Ribu Tujuh Belas,

 

Setelah 89 tahun berkumandang, kira-kira pemuda-pemudi Indonesia masih inget ga ya tentang ikrar sumpah pemuda di Kongres Pemuda pada 28 Oktober 1928? Karena tanpa adanya Sumpah Pemuda kala itu, Indonesia juga ga akan merdeka, gitu sih kata Guru Sejarah kami Bapak Jusup Adji Nugroho dalam amanatnya pada saat pelaksanaan Upacara Hari Sumpah Pemuda. Yap, SMK Grafika Desa Putera merayakan Hari Sumpah Pemuda dengan upacara pada hari Senin, 30 Oktober 2017. Suasana hening dan khidmat pada saat berlangsungnya upacara, ditambah dengan pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda oleh Jonathan Bryant dari X DGB dan Febby Debora dari XII TR.

 

Selain itu, jauh hari sebelum 28 Oktober 2017 ini, SMK Grafika Desa Putera menerbitkan hasil karya siswa-siswinya yang berupa puisi dan ilustrasi tentang sumpah pemuda. Buku ini diterbitkan sebagai apresiasi kepada siswa-siswi kelas X (di tahun 2016 lalu) yang sudah membuat literasi dalam bentuk puisi. Desain sampul dan ilustrasi isinya pun dibuat sendiri oleh siswa/siswi SMK Grafika Desa Putera. Duuuhh, pemuda-pemudi idaman bangsa banget kayanya ya kita (air laut siapa yang garemin sihhhh kalo kata pepatah lama).

 

Ga ketinggalan pada kesempatan kali ini, tim InkDepe sudah mewawancarai salah satu narasumber dari anak kelas XII TR yaitu Anastasia Putri atau lebih akrab disapa Kak Puput. Menurut Kak Puput, sumpah pemuda itu adalah awal dari Indonesia untuk menggapai cita-cita meraih kemerdekaan, bukan sekedar merdeka yang berati bebas dari penjajahan tetapi juga merdeka untuk meraih kejayaan negeri ini. Selain itu Kak Puput juga memberikan pandangan pribadinya tentang pemuda-pemudi di era sekarang. Pemuda-pemudi  jaman sekarang kurang menghargai arti sumpah pemuda yang sebenarnya, mereka hanya bisa mengucapkan hari sumpah pemuda dengan kata-kata atau pamer di socmed tetapi tidak memberikan inovasi dan kemajuan negeri ini untuk kedepannya atau bisa dibilang rasa nasioalismenya kurang.  Hayoo siapa yang setuju dengan pandangan Kak Puput nih? Harus ada semangat dan motivasi dari orang-orang Indonesia itu sendiri, gampang aja sih, mulai dari mencintai produk dalam negeri dan wisata dalam negeri aja udah keren banget dan malah udah ngebantu Indonesia menopang ekonomi negara daripada terus-menerus import uang kita buat negara lain, padahal sama aja kualitasnya dengan buatannya dalam negeri.  Harapan Kak Puput buat pemuda-pemudi Indonesia tidak hanya sekedar menghargai jasa para pahlawan dan pemuda-pemudi yang telah berjuang, tetapi melanjutkan mimpi mereka yang dulu dengan tindakan positif menuju bangsa Indonesia yang lebih baik, karena kita adalah generasi millenial yang harus lebih bisa menjadikan Indonesia terkenal di dunia internasional dibandingkan dengan masa penjajahan dulu.

 

“Karena negara yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi secara tidak langsung telah mendukung negaranya sendiri perlahan menjadi negara maju.” – Anastasia Putri (Puput)

 

Dan pada akhirnya, tanggal 28 Oktober yang kita kenal sebagai Hari Sumpah Pemuda ini, marilah wahai pemuda-pemudi Indonesia bersatulah dalam menjalani kemerdekaan bangsa ini. Di setiap lapisan masyarakat, peran yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi sangat berpengaruh terhadap keutuhan bangsa, tidak hanya itu para pemudapun dapat dikatakan sebagai pendobrak semangat karena memang di masa inilah gelora semangat para pemuda sedang menggebu-gebu untuk mengembalikan keadaan bangsanya menjadi bangsa yang satu dan bebas.

Jika menginginkan Indonesia menjadi yang terbaik, berusahalah untuk menjadi yang terbaik pula. Perjuangkanlah negara ini dengan jiwa dan raga, wahai pemuda Indonesia. Dengan semangat Sumpah Pemuda, mari kita mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan memajukan tekad dan kejayaan negeri ini?

 

 

Cheers ^^

Team Inkdepe

@azzahra @hothotmaida