Pekan Olahraga Pelajar Kecamatan Jagakarsa 2018

Selasa, 23 Januari 2018 | 00:17:46

 

Selamat Tahun Baru 2018, Tahun Baru, Semangat Baru, tapi sekolah tetep sama kan? Hehehe. Mengawali tahun 2018, SMK Desa Putera menjadi tuan rumah acara tahunan Pekan Olahraga Pelajar (POP) Se-Kecamatan Jagakarsa yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 Januari 2012, diikuti oleh 25 SMK Swasta dan 2 SMK Negeri. Kegiatan ini merupakan seleksi untuk memilih atlit untuk mewakili Kecamatan Jagakarsa bertanding di ajang O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) tingkat Jakarta Selatan 1. Seperti judulnya, banyak cabang olahraga yang dipertandingkan, antara lain Futsal Putera/Puteri,  Bola Voli Pantai Puteri, Bola Basket Putera/Puteri,  Bulutangkis Tunggal Putera/Puteri, Bulutangkis Ganda Campuran, Tenis meja Tunggal Putera/Puteri, Tenis meja Ganda Campuran Atletik (Lari 100 meter, Lompat Jauh, Lempar Lembing, Tolak Peluru) Putera/Puteri, Renang Putera, Catur Putera/Puteri, Karate (nomor KATA perorangan) Putera/Puteri, Karate (nomor KUMITE perorangan) Putera/Puteri, Pencak Silat (nomor tunggal) Putera/Puteri, Pencak Silat (nomor seni tunggal) Putera/Puteri. Wiiihhh banyak yaaaaa. Acara diselenggarakan di beberapa tempat, tetapi SMK Grafika Desa Putera mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah dalam upacara pembukaan dan penyerahan piala bergilir.

 

Acara dimulai pukul 07.30 WIB, agak ngaret dari jadwal yang direncanakan pukul 07.00 WIB dikarenakan cuaca pagi itu gerimis mengundang (duuiiillee.red). Acara dibuka dengan upacara yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, dilanjutkan penyerahan piala bergilir, dan acara POP 2018 resmi dibuka dengan tanda memasukan bola basket ke dalam keranjang oleh Bapak Mundari. Pertandingan yang diadakan di SMK Grafika Desa Putera antara lain Bola Basket Putera/Puteri, Tenis Meja Putera/Puteri, dan Catur Putera/Puteri. Pokoknya hari itu sekolah kita ini banyak banget yang lalu lalang, mulai dari guru, murid sampai supporter dari masing-masing tim yang akan bertanding. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, kami membentuk panitia terutama di bagian keamanan dan kebersihan. Tim keamanan bertugas untuk menjaga parkiran peserta, melakukan body check seluruh pengunjung sebelum memasuki area sekolah, dan juga menjaga keamanan selama berjalannya pertandingan. Sedangkan tim kebersihan bertugas membersihkan seluruh sampah di area kegiatan agar lingkungan sekolah tetap bersih dan asri.

 

Lanjut jalannya pertandingan di cabang Bola Basket Putera, cabang yang cukup bergengsi di ajang POP 2018 ini. Dan SMK Grafika Desa Putera menjadi Juara 1, mempertahankan gelar juara tahun lalu dan menjadikan piala bergilir menjadi milik kita karena berhasil menjadi juara selama 3 tahun berturut-turut. Keren yaaaaa, tim basket yang anggotanya adalah kelas X dan XI, diantaranya Luiz, Jason, Ryan, Lheindy, Arya, Rahman, Aliefan, Devito, Danny dan Stefanus. Kita berhasil mewawancari ketua tim basket putera dan juga orang yang ada dibalik kesuksesan tim kita, siapa lagi kalo bukan pelatihnya yaitu Coach Aji Jihad. Menurut Rahman XI DGA, Rasanya tuh ga bisa diungkalin oleh kata-kata, abis latihan bertahun-tahun ngerasain kalah terus, diomelin Coach, diejek orang ga bisa maen, tapi pas udah bisa jadi juara semua kebayar. Rasa bangga, sedih, seneng, bahagia, ngakak semua jadi satu”. Ciiee Maman baper. Nah, kalau dari Coach Aji mengungkapkan perasaannya bisa membawa tim putera jadi juara, “Perasaannya seneng pastinya, tapi ini bukan suatu acuan kesuksesan tim karena masih banyak event yang harus mereka lalui. Menjadikan tim yang solid bukan hal yang mudah, karena kita harus menyatukan 5 pemikiran menjadi 1 visi. Caranya ya kita kenalin anggota masing-masing dan menganggap mereka bukan sebagai coach dan anak didik tapi menjadikan mereka sebagai teman”. Wuuiihh, jadi gitu rahasia tim basket putera kita jadi juara. Lain lagi dengan Tim Basket Puteri, mengalami banyak sekali kendala karena beberapa anggota cidera dan kelelahan, mereka menyerah di semifinal melawan SMK Wijaya Kusuma.

 

Di pertandingan tenis meja tunggal puteri diwakili oleh Ratna XI DGA, meraih gelar Juara II dikalahkan oleh wakil dari SMK Mulia Karya Husada. Sedangkan dari nomor tunggal putera yang diwakili oleh Damario X DGA, kita tidak mendapatkan gelar apapun. Dan di nomor ganda campuran yang diwakili oleh mereka berdua, kita meraih gelar Juara I. Wah hebat yaaaa. Lanjut ke pertandingan lain di hari ini, dari cabang catur nomor puteri, kita tidak mendapatkan gelar apapun, tetapi dari nomor putera kita mendapatkan Juara I yang diwakili oleh Jonathan Keane X PG.

 

Sedangkan dari cabang olahraga lain yang dipertandingkan hari ini, yaitu Cabang Renang Putera yang diwakili oleh Jonathan Bryant X DGB, kita meraih Juara I, dan dari Cabang Atletik yang diwakili oleh M. Najmuddin XI DGA, kita meraih gelar Juara II.

 

Kemudian di hari berikutnya, hari Sabtu diadakan cabang olahraga Futsal Putera dan Puteri di SMK Bakti 17. Tim Futsal Putera SMK Grafika Desa Putera menyerah di babak penyisihan, dan Tim Futsal memilih untuk Walk Out dikarenakan kondisi para anggota yang tidak fit pada hari itu.

 

Di hari Minggu, pertandingan cabang Karate, Bulutangkis dan Pencak Silat, diadakan di Gelanggang Remaja Balai Rakyat Jagakarsa. Karate nomor Kata puteri yang diwakili oleh Maria Pero XI DGA mendapatkan Juara II dan nomor Kumite puteri yang juga diwakili oleh Maria Pero mendapatkan Juara I. Dari cabang bulutangkis nomor tunggal puteri yang diwakili oleh Ratna XI DGA mendapatkan Juara III dan dari nomor tunggal putera yang diwakili oleh Stefanus XI PG mendapatkan juara II. Wiiihh hebat ya teman-teman kita. Dengan semua juara-juara yang kita dapatkan, SMK Grafika Desa Putera menjadi Juara Umum II, SMK Perguruan Cikini 3 sebagai Juara Umum I dan Juara Umum III diraih oleh SMK Bakti 17. Para juara-juara ini kemudian tetap berlatih untuk mewakili Kecamatan Jagakarsa dalam ajang O2SN pada tanggal 6-7 Februari 2018. WOOOWWW kita doakan teman-teman kita meraih hasil yang terbaik.

 

Written by: HN