Melepaskan Untuk Yang Lebih Baik

Selasa, 08 Mei 2018 | 10:35:14

Ups, jangan baper dulu baca judulnya ya, bukan tentang Dilan-Milea kok tenang aja hehehe. Tidak terasa semua rangkaian Tryout, Uji Kompetensi Keahlian, USBN bahkan UNBK sudah dilewati dengan baik oleh kakak-kakak kita kelas XII. Tiba saatnya untuk mengantarkan mereka ke depan pintu gerbang masa depan yang akan mereka pilih. Ada yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi, ada yang yang selesai UNBK langsung kerja di industri (ini sih keren banget deh.red) dan ada yang ingin membuka usaha sendiri. Memang inilah kelebihan dari lulusan SMK, sudah siap bekerja, berwirausaha tapi juga bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

 

Acara pelepasan siswa/siswi kelas XII berlangsung Sabtu, 28 April 2018 di Graha Destra. Di mulai pada pukul 08.30 WIB siswa/i yang berjumlah 98 orang siap mengikuti prosesi yang dimulai dari depan gedung SMK Grafika Desa Putera. Para siswa sudah dengan tampan menggunakan setelan jas lengkap dengan dasi dan sepatu pantofel, sedang para siswi menggunakan kebaya, kain batik, dengan sanggul dan make up sederhana. Rasanya hari itu mereka beda dari biasanya yang hanya menggunakan seragam putih-abuabu. Diiringi oleh para Abang Betawi yang diwakili oleh Aliefan XI DGA dan Fajar Nur XI PG, prosesi berjalan khidmat. Beberapa  iringan dari Marching Band dipimpin oleh Majorette Insyirah XI DGB dan Paskibra dipimpin oleh Rafael Rizky X DGB, mengantarkan para siswa/siswi, guru dan karyawan sampai ke gedung Graha Destra. Para orangtua dan wali murid sudah menunggu di dalam gedung. Prosesi berlangsung dengan baik dan berjalan sesuai rencana.

 

Di dalam gedung, acara dipandu oleh duet MC kondang SMK yaitu Cornelia Dian XI DGA dan Rendy Setaiwan XI DGB. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, diiringi oleh Paduan Suara SMK, seluruh hadirin menyanyikan lagu dengan penuh rasa hormat. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia Acara Pelepasan Bapak Jusup Adji Nugroho, sambutan dari Kepala SMK Grafika Desa Putera Bapak M. Sumadiyono dan sambutan dari wakil orangtua murid Bapak Ambrosius Wusananta (orangtua dari Kosmas XII CPB). Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan Janji Prasetya Alumni yang dipimpin oleh Rivaldo Muskita XII CPB. Dengan tangan kanan di bahu kiri, mereka dengan lantang mngucapkan Janji Prasetya Alumni. Hayooo kalua sudah janji berarti harus ditepati loh ya, hehehe. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Budi Mulia. Kembali Paduan Suara SMK Grafika Desa Putera menunjukkan suara merdunya, dipimpin oleh Ruth Stevan X DGBd engan organist Bapak Bonatua Sipayung.

 

Selanjutnya, penandatanganan berita acara yang diwakili oleh Rosa Erlina XII TR, Aditya Muhammad Raihan XII CPAdan M. Rizky Febrian XII CPB, dengan saksi yaitu Bapak Priyono dan Bapak Ambrosius Wusananta. Dan akhirnya, kini giliran Anastasia Putri XII TR memberikan sambutan sebagai perwakilan dari siswa kelas XII. FYI nih yaaaa, Putri nih tomboy banget, dan ketika harus sambutan dengan menggunakan kebaya, rok panjang, konde dan sepatu hak tinggi, menurutnya adalah siksaan sekali. Hahahahaha, menahan diri untuk tetap terlihat anggun sulit sekali, begitu pengakuannya.

 

Dilanjutkan dengan acara penyerahan piagam penghargaan kepada siswa/siswi berprestasi non-akademis. Jangan ditanya deh,angkatan ini banyak banget nyumbangin piala untuk sekolah selama 3 tahun ini. Sebut saja salah satunya Aditya Muhammad Raihan, juara III LKS Printing, Juara I Basket Putera 2015, 2017, Juara II Basket Putera 2016, Juara I Basket Putera Mulia Karya Husada Cup 2016. Diborong semua itu piagam sama Raihan. Waktu ditanya perasaannya Raihan cuma bilang, “Bangga, Mama saya nangis waktu saya kasih bunga.” Iyalah apalagi waktu penyerahan bunga ke orangtua diiringi persembahan lagu “Doa Seorang Anak” oleh Cornelia Dian dan Aureus Bryan XI DGA, uunncchh makin bikin suasana mengharu biru.

 

Tiba deh saatnya untuk mengabadikan moment bersama. Mulai dari kelas XII TR bersama dengan wali kelas Bapak Dudus Setiawan, kemudian XII CPA dengan 2 wali kelasnya Ibu Finsentia Apaula Monda dan Bapak Kadaryoto. Dilanjutan kelas XII CPB bersama Bapak Agus Hardjo dan Bapak Supriyanto. Team Photography Angga Kurnia X DGA dan Stefanus Eka XI PG dengan sigap mengabadikan moment-moment selanjutnya.

 

Acara pelepasan sudah selesai, dan akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun datang. Pengumuman hasil UNBK. Tahun ini, pengumuman hasil UNBK dapat diakses melalui www.smkdki.id, hanya dengan memasukan nomor ujian sebagai username dan tanggal lahir sebagai password. Dan, SMK Grafika Desa Putera menjadi Peringkat Kedua untuk hasil UBNK SMK Swasta se-Wilayah I Jakarta Selatan dan Peringkat Pertama UNBK SMK Swasta se-Kecamatan Jagakarsa. WOW.. ketjelah yaaaa sekolah kita. Selamat untuk kakak-kakak kelas XII, selamat melanjutkan cita-citamu, sukses selalu, Tuhan Memberkati.

 

Written by: HN